;
DR Coffee

Rabu, 24 Agustus 2011

TUBAN Kota seribu Goa

Bagi anda para petualang sejati wajib rasanya bagi anda untuk mengunjungi daerah-daerah kecil di ujung barat propinsi Jawa Timur ini.

Goa Akbar

Ya, Tuban Daerah seribu goa mulai Goa Akbar yang terletak di pusat keramaian kota yakni di bawah pasar  rakyat atau pasar induk (biasa disebut oleh rakyat Tuban sebagai pasar Baru). Goa akbar mempunyai berjuta pesona wisata bawah tanah  dengan suasana hening diselingi gemercik air yang sangat kontras dengan keramaian di atasnya (pasar). Didalam gua ini juga dibangun sebuah kolam air tawar yang dipenuhi dengan ikan mas sehingga otomatis memberikan nilai tambah tersendiri bagi pengunjung saat mengunjungi objek wisata ini.
Goa Putri Asih
Goa Putri Asih

Goa lain yang tidak kalah menariknya dengan goa akbar adalah Goa Putri asih yang  terletak di daerah montong kabupaten tuban. Goa ini sangat indah sekali dan terletak ditengah hutan jati yang masih alami. Bila anda berkunjung ke kota Tuban maka jangan sampai lupa untuk menginjakan kaki di goa ini, karena jika tidak bisa menyesal nanti. Goa ini menyuguhkan panorama alami berupa goa dengan indahnya stalagtit dan stalagmit yang bermunculan dan bebgelantung di dinding goa. Ada sebuah stalagtit dan stalagmit yang sangat besar yang menyerupai dengan selendang putri mungkin karena itu goa ini di sebut Goa putri asih.

Goa Ngerong
Goa Ngerong

Goa Ngerong, berbeda dengan goa akbar dan goa putri asih. Goa Ngerong ini merupakan rumah dari beribu-ribu kelelawar yang bergelantung di mulut goa membentuk stalagtit hitam di dinding goa. Namun jangan coba-coba mendekat ke dalam mulut goa jika tidak kuat dengan bau khas kotoran kelelawar. Goa Ngerong yang terletak di Kecamatan Rengel Tuban. Juga menjadi tempat bagi ribuah ikan yang dapat dilihat pleh pengunjung karena di goa ini terdapat aliran sungai sangat jernih yang mengalir keluar. Dipenuhi ikan yang bisa dilihat langsung hanya dengan memberikan biji kapuk randu ke dalam sungai agar ikan-ikan tersebut mengapung untuk berebut makanan.

Daerah ini di juluki sebagai daerah seribu goa, karena struktur tanahnya yang sebagian besar (80 %) adalah batuan kapur. Batuan berkapur bersifat sangat kapilaristik sehingga mudah menyerap dan melepaskan air. Goa-goa ini terbetuka akibat terjadinya peristiwa karst (pelarutan batuan kapur akibat aktifitas air) sehingga tercipta lorong-lorong dan bentukan batuan yang sangat menarik akibat proses kristalisasi dan pelarutan gamping. Diperkirakan wilayah sebaran karst Indonesia adalah yang terbesar di dunia.
Sebagaimana julukan Tuban sebagai Daerah Seribu Goa masih banyak goa-goa lainnya seperti Goa Gili Suci, Goa Terus, Goa Jaran, Goa Gembul, Goa Angin, Goa Maharani, namun demikian Tak hanya wisata goa yang dapat dinikmati di Tuban dan sekitarnya.

Tuban  yang konon merupakan salah satu pintu masuk menuju Kerajaan Majapahit itu juga kaya akan peninggalan zaman lampau yang kini menjadi daerah tujuan wisata. Antara lain terdapat makam Sunan Bonang, Museum Kambang Putih, dan Klenteng Kwan Sing Bio klenteng terbesar di Asia Tenggara dan satu-satunya klenteng yang menggunakan kepiting sebagai simbol pada pintu gerbangnya, yang menjadi tempat wisata  religius. Juga terdapat pemandian alam Bektiharjo dan pemandian air hangat Prataan. Selain itu juga terdapat wisata air terjun dan pantai yang sangat menarik untuk di kunjungi.

Belum lagi wisata kulinernya yang tak akan anda jumpai di kota lain. Masakan khas daerah pesisir dengan aneka olahan Sea Food yang luar biasa pedas. Anda juga tidak perlu kesulitan jika butuh tempat menginap yang terjangkau dan menyediakan informasi penuh tentang Tuban dan segala pernak pernik khas kota Tuban. Mulai dari makanan sampai hasil kerajinan dll ada semua di sana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Gonjol Theme | Bloggerized by Gonjol Tuban Templates | coupon codes