;
DR Coffee

Rabu, 24 Agustus 2011

Khasiat Dan Pesona Air Panas Prataan

Pemandian air hangat yang terletak di desa Parang Batu, kecamatan Parengan, Tuban kurang lebih 45 km dari pusat kota Tuban ini dipercaya sebagai terapi penyembuhan berbagai penyakit. Berada di tengah kawasan hutan milik Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, banyak orang menyebutnya sebagai wisata pengobatan, atau dikelompokkan  sebagai wana wisata atau wisata hutan.

Selain panoramanya yang bagus karena berada di tengah hutan jati, pemandian Prataan merupakan salah satu lokasi wisata yang cocok untuk mengajak anak-anak bermain air di area alam terbuka. Sambil menemani anak-anak, para orangtua dapat memanfaatkan air panas langsung dari sumber alam yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kolam Air Tawar

Di lokasi pemandian air panas prataan terdapat tiga (3) kolam diantaranya, kolam air tawar (biasa), kolam belerang dan yang terakhir kolam air panas. Kolam air tawar terletak di antara kolam belerang dan kolam air panas, merupakan kolam yang paling luas diantara kedua kolam yang lainnya. Bisa dimaklumi karena pengguna kolam ini untuk umum mulai  anak-anak sampai dewasa lelaki maupun wanita.

Setiap hari, ratusan wisatawan dari berbagai daerah datang ke lokasi pemandian air panas prataan. Ada yang datang untuk sekedar berekreasi, ada yang berkemah dan yang memang ingin berlibur sambil mencari obat dengan berendam di dalam air panas yang mengandung belerang. Tempat ini merupakan favorit terutama bagi mereka yang mengidap beberapa penyakit, misalnya pegal-pegal, linu, peredaran darah tidak lancar, encok, rematik, bahkan kelumpuhan atau stroke.

Salah satu petugas di wana wisata Prataan mengatakan bahwa selama ini banyak wisatawan yang datang setelah mendengar khasiat mandi di Air Panas Prataan. Seperti pengakuan beberapa pengunjung yang sering mandi di kolam air panas Prataan. Mandi di sini sebagai pengobatan alternatif lewat alam, cukup  mandi selama 15  sampai  30 menit, beberapa keluhan penyakitnya hilang, terutama pegal linu dan rematik yang  dideritanya.

Tempat Berendam Untuk Pengobatan

Lokasi pemandian air panas sengaja di buat per kamar untuk menjaga privasi masing-masing pengunjung. Selain itu, juga untuk menjaga kebersihan pemandian. Air panas yang dialirkan ke bak mandi itu langsung dari alam untuk sekali pakai. Jika ada pengunjung lain yang ingin menggunakannya maka bak diisi lagi dan setelah selesai langsung dibuang supaya tetap bersih.

Bagi Anda yang menderita gatal-gatal, gatal akibat  keringat, eksim, jamur kulit dan penyakit kulit lainnya silahkan  mandi di kolam belerang. Kolam belerang ini memiliki keasaman cukup tinggi, dan belerang  dapat membunuh kuman-kuman maupun bakteri tertentu yang menjadi penyebab penyakit kulit. Manfaat lain dari mandi di kolam belerang adalah untuk relaksasi serta menghilangkan keluhan nyeri-nyeri pada tulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Gonjol Theme | Bloggerized by Gonjol Tuban Templates | coupon codes